1


Hanya kata sepatah dua patah, selintas tak perlu ditanggap hati. Sungguhpun tak berarti bukan berarti tak berisi. Penting atau tidak toh terlanjur tertulis,tak salah juga sedikit dinikmati.

..

Yudas Iskariot, Wajah Pengkianatan

Minggu, 13 Desember 2009

Siapa di antara kita tidak mengetahui, atau setidak-tidaknya mendengar tentang figur pengkhianat, Yudas Iskariot? Saya yakin seratus persen, pribadi ini dikenal oleh semua orang di zaman modern, Kristiani atau bukan. Yudas mengkhianati Yesus Kristus demi tiga puluh keping perak. Belakangan, ia disiksa rasa bersalah tak tertahankan, dan memilih mengakhiri hidupnya dengan menggantung diri. Namun, ketika ia melakukan itu, ternyata talinya tidak cukup kuat. Ia terjatuh dan isi perutnya terburai di tanah, menjadi santapan anjing. Saya bingung harus berkata apa tentang dia. Kalau dia itu pengkhianat terkutuk, lantas apa saya bisa bilang kalau saya lebih baik dari dia? Ah, itu pertanyaan yang rumit. Yang jelas, sekarang saya ingin menampilkan interpretasi para seniman tentang laki-laki ini. Bagaimana mereka menggurat watak, garis wajah, dan situasi pengkianatan itu dalam karya seni. Kenapa saya tulis wajah pengkhianatan, bukan wajah pengkhianat? Sebenarnya nama Yudas akrab kita dengar dan telah menjadi ciri khas bagi semua penusukan dari belakang dalam berbagai situasi. Itulah kenapa saya tulis demikian. Mungkin sebenarnya Tuhan pun punya penilaian lain soal dia?
Selamat menikmati! Sayang saya tidak tahu semua nama senimannya...






Yang terakhir ini oleh Nikolai Ge

0 komentar:

Posting Komentar